Friday, March 14, 2008

Tipe-Tipe Kepribadian Lo

TIPE-TIPE KEPRIBADIAN LO

JENIS-JENIS KEPRIBADIAN MENURUT HIPPOCRATES

Kepribadian Sanguinis yang Populer

Ekstrovert-Membicara -Optimis

Emosi Sanguinis yang Populer

Kepribadian yang menarik, suka berbicara dan memnghidupkan pesta, rasa humor yang hebat Ingatan kuat untuk warna, secara fisik memukau pendengar, Emosional dan Demonstratif, antusias dan Ekspresif, Periang dan penuh semangat, Penuh rasa ingin tahu, Baik kala berada dipanggung, Lugu dan Polos, Hidup dimasa sekarang, mudah diubah, berhati tulus dan selalu kekanak-kanakan.

Sanguinis Populer DiPekerjaan

Sukarelawan untuk tugas, memikirkan kegiatan baru, tampak hebat dipermukaan, kreatif dan inovatif, punya energi dan antusiasme, mulai dengan cara cemerlang, mengilahmi orang lain untuk ikut, mempesona orang lain untuk bekerja.

Sanguinis Populer Sebagai Teman

Mudah berteman, mencintai orang lain, Suka dipuji, Tampak menyenangkan., dicemburuin orang lain, Bukan pendendam, Cepat minta maaf, mecegah saat kebosanan, suka kegiatan spontan.

Sanguinis Populer Sebagai Orang Tua

Membuat rumah menyenangkan, Disukai teman anak-anak, Mengubah rencan menjadi Humor, Merupakan Pemimpin Sirkus.

Sanguinis merupakan kepribadian yang sangat menyenangkan, mereka suka berbicara dan mudah berteman dengan siapa saja dan dimana saja. Selain itu kerpibadian ini selalu dapat memeriahkan suasana dimana saja dia berada dan selalu berbicara karena memang tipe kerpibadian sanguinis sangat senang berbicara oleh karena itu sanguinis popular sangat ahli dalam bernegosiasi dan merayu serta mempesona dengan kemampuannya berbicara. Sanguinis yang populer kuat dalam hal mengingat warna. Kelemahan sanguinis adalah ia mudah lupa dalam hal apapun dan selalu telat dalam berjanji (karena seringnya lupa akan sesuatu). Kelemahan dalam hal lupa ini sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari orang sanguinis, selain itu sanguinis popular sangat moody karena perasaannya dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitar. Sanguinis yang popular suka akan hal-hal yang baru yang menurut mereka akan menarik tetapi sanguinis yang popular ini mudah beralih ke hal baru lainnya sehingga tidak bertahan lama dalam melakukan sesuatu hal seperti misalnya dalam mengerjakan suatu proyek yang panjang pengerjaannya, sanguinis populer tidak menyukai hal-hal yang detil karena mereka bukan orang yang teliti dan selalu memandang sisi positif dari suatu keadaan. Sanguinis merupakan orang yang tidak tekun dalam melakukan sesuatu dan ia tidak sampai selesai dalam melakukan sesuatu oleh karena itu agar sanguinis yang populer dapat menyelesaikan suatu tugas perlu mendapatkan dorongan dari orang sekitar sehingga sanguinis populer dapat semangat lagi untuk mengerjakan suatu tugas. Sanguinis yang populer sangat senang menjadi pusat perhatian, dalam taraf ekstrim perkataan sanguinis sangat berlebihan sehingga kadang dapat memaksanya berbohong untuk membuat orang lain senang, dalam berbicara orang sanguinis kadang-kadang tidak dipikir lagi sehingga perkataannya suka menyinggung orang lain, walaupun sebenarnya sanguinis populer tidak bermaksud demikian. Sanguinis sangat bangga sekali kalau dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang mungkin bagi orang lain sepele dan sanguinis biasanya mengharapkan pujian dari apa yang sudah ia kerjakan.

Kepribadian Melankolis Sempurna

Introvert-Pemikir-Pesimis

Emosi Melankolis Sempurna

Mendalam dan penuh pikiran yang analitis, Serius dan Tekun, Cenderung jenius, Berbakat dan Kreatif, Artistik atau Musikal, Filosofis dan puitis, Menghargai keindahan, Perasa terhadap orang lain, Suka berkorban, Penuh kesadaran, Idealis.

Melankolis Sempurna DiPekerjaan

Berorientasi jadwal, Perfeksionis, Standar Tinggi, Sadar Perincian, Gigih dan Cermat, Tertib dan terorganisasi, Teratur dan Rapi, Ekonomis, Melihat masalah, Mendapat pemecahan kreatif, Perlu menyelesaikan apa yang dimulai, Suka diagram, grafik, bagan dan daftar.

Melankolis Sempurna Sebagai Orang Tua

Menetapkan standar tinggi, ingin segalanya dilakukan dengan benar, Menjaga rumah selalu Rapi, Merapikan barang-barang anak, Mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain, mendorong intelegensi dan bakat.

Melankolis Sempurna Sebagai Teman

Hati-hati dalam berteman, Puas tinggal di latar belakang, Menghindari perhatian, Setia dan Berbakti, Mau mendengarkan keluhan, Bisan memecahkan masalah orang lain, sangat memperhatikan orang lian, Terharu oleh air mata penuh belas kasih.

Apabila kita mendatangi sebuah pesta dan ada seseorang yang sedang duduk sendiri di pojok ruangan, berarti anda sedang melihat orang berkepribadian melankolis sempurna. Seorang melankolis sempurna adalah seorang penyendiri yang sibuk dengan dunianya sendiri, bukan berarti autis loh. Seorang melankolis yang sempurna sangat tekun dalam mengerjakan sesuatu dan sangat suka pekerjaan yang membutuhkan detail yang sempurna, mereka selalu menyelesaikan apa yang mereka mulai. Dalam kehidupan sehari—hari melankolis yang sempurna sangat menyukai keteraturan dan tidak bisa menerima ketidakteraturan dan mempunyai standar yang tinggi dalam hidupnya. Jangan katakan “ayo cepat” pada seorang melankolis yang sempurna karena mereka tidak suka terburu-buru, segala sesuatu yang dikerjakan seorang melankolis yang sempurna selalu dipikirkan secara matang, baik-buruknya efek yang akan terjadi. Dalam pekerjaan melankolis yangs sempurna penuh pemikiran, analitis, suka diagram, daftar, bagan dan grafik, mereka biasa sangat kreatif, berbakat dan jenius dalam memikirkan ide-ide yang baru. Hidup melankolis yang sempurna sangat terorganisasi dengan baik, sebagai manusia melankolis sempurna sangat sensitive dan mudah terluka atau terharu. Jangan sekali-sekali melukai hati melankolis yang sempurna karena akan mereka akan sulit memaafkan. Melankolis selalu dapat mengontrol emosi mereka tetapi pada titik ekstrim dimana mereka akan meledak-ledak. Melankolis semupurna adalah orang yang mudah tertekan, dan selalu memandang sesuatu dari sisi negatifnya. Dalam melakukan suatu pekerjaan orang melankolis selalu menunda-nunda, bukan karena mereka malas mengerjakannya tetapi karena mereka penuh dengan perencanaan dan selalu merencanakan apapun dengan matang dan sebaik-baiknya.

Kepribadian Koleris Kuat

Ekstrovert-Pelaku-Optimis

Emosi Koleris Kuat

Berbakat pemimpin, dinamis dan aktif, Sangat memerlukan perubahan, Harus memperbaiki kesalahan, Berkemauan kuat dan tegas, Tidak emosional bertindak, Tidak mudah patah semangat, Bebas dan mandiri, Memancarkan keyakian dan Bisa menjalankan apa saja.

Koleris Kuat DiPekerjaan

Berorientasi target, Melihat seluruh gambaran, Terorganisasi dengan baik, Mencari pemecahan praktis, Bergerak cepat untuk bertindak, Mendelegasikan pekerjaan, Menekankan pada hasil, membuat target, merangsang kegiatan, Berkembang karena saingan.

Koleris Kuat Sebagai Orang Tua

Memberikan kepemimpinan kuat, Menetapkan tujuan, Memotivasi keluarga untuk kelompok, Tahu jawaban yang benar, Mengorganisasi rumah tangga.

Koleris Kuat Sebagai Teman

Tidak terlalu perlu teman, Mau bekerja untuk kegiatan, Meu memimpin dan mengorganisasi, Biasanya selalu benar, Unggul dalam keadaan darurat.

“Born to lead” or “Born to be a Leader” mungkin hanya kata kalimat itu yang cocok menggambarkan kepribadian yang dimiliki oleh koleris yang kuat. Koleris yang kuat memang ditakdirkan menjadi pemimpin karena mereka memang punya jiwa kepemimpinan yang sangat kuat, dengan kemauan yang kuat dan ketegasan yang dimiliki oleh orang-orang koleris yang kuat koleris yang kuat dapat menjalankan tugas apa saja yang diberikan kepadanya. Koleris yang kuat sangat memerlukan perubahan dan selalu mengoreksi kesalahan yang dilakukan oleh orang lain dengan cara yang baik maupun tidak. Koleris yang kuat dengan cepat bangkit untuk melakukan kampanye dan memperjuangkan kebenaran. Dalam kehidupan sehari-hari orang koleris yang kuat dapat diidentifikasi sebagai seorang yang keras kepala, mudah emosi, egois, dan selalu berdebat dalam mempertahankan pendapatnya walaupun memiliki pendapat yang salah orang koleris akan tetap mempertahankannya dan membuat orang percaya bahwa mereka benar karena orang koleris yang kuat tidak akan membiarkan orang lain menang. Orang koleris yang kuat adalah seorang organisator yang baik dan selalu tahu apa yang akan di kerjakannya dan akan segera dikerjakannya secara sistematis. Orang koleris yang kuat tidak pernah menunda-nuda dalam mengerjakan sesuatu, selalu bergerak cepat dan bersemangat. Jangan tersinggung apabila anda dekat-dekat dengan orang koleris yang kuat karena mereka selalu mengeluarkan apa yang dipikirkannya saat itu juga tanpa memikirkan perasaan orang lain dan akibat yang akan terjadi. Dalam keadaan darurat, orang koleris biasanya selalu unggul, sebagai pemimpin orang koleris suka sekali tantangan karena dengan tantangan tersebut orang koleris yang kuat dapat mengembangkan dirinya. Jangan tanyakan kehidupan social orang koleris yang kuat, orang koleris yang kuat merupakan seorang yang tidak begitu memerlukan adanya teman di sekitarnya bahkan kalau ada teman yang mengganggu pekerjaannya maka akan diusir. Karena orang koleris yang kuat adalah seorang pekerja keras, baginya kehidupannya hanya diisi dengan bekerja dan bekerja, hampir-hampir mereka tidak mempunyai waktu luang untuk berlibur.

Kepribadian Phlegmatis Damai

Introvert-Pengamat-Pesimis

Emosi Phlegmatis Damai

Kepribadian Rendah hari, Mudah bergaul dan santai, Diam tenag da mampu, Sabar, baik keseimbangannya, Hidup konsisten, Tenang tapi cerdas, Simpatik dan Baik Hati, Menyembunyikan Emosi, Bahagia menerima kehidupan Serba Guna.

Phlegmatis Damai DiPekerjaan

Cakap dan mantap, Damai dan mudah sepakat, Punya kemampuan administrative, menjadi penengah masalah, menghindari konflik, Baik dibawah tekanan, menemukan cara yang mudah.

Phlegmatis Damai Sebagai Orang Tua

Menjadi Orang tua yang baik, menyediakan waktu bagi anak-anak, tidak tergesa-gesa, Bisa mengambil yang baik dari yang buruk, Tidak mudah marah.

Phlegmatis Damai Sebagai Teman

Mudah diajak bergaul, menyenangkan, Tidak suka meuyinggung, Pendengar yang baik, selera humor yang menggigit, suka mengawasi orang, punya banyak teman, punya belas kasihan dan perhatian.

Santai dulu ah, sebuah kalimat yang biasa dikatakan oleh phlegmatic yang damai, seorang yang tidak punya emosi dan tidak ekspresif. Phlegmatic yang damai adalah seorang pecinta damai, yang selalu menjadi pendengar dan teman yang setia. Seorang phlegmatis yang damai adalah seseorang yang berkepribadian rendah hati yang tenang, terkendali dan penyabar. Apabila terjadi suatu diskusi, seorang phlegmatis biasanya selalu menjadi pendengar. Phlegmatis yang damai dalam hidupnya seolah tidak punya ambisi apa-apa karena mereka cenderung menerima kehidupan mereka apa adanya. Dalam pergaulan, seorang phlegmatic sangat disukai oleh kepribadian lain, karena sikap mereka yang sangat baik dan menerima setiap keadaan yang diberikan kepadanya phlegamtis yang damai punya banyak teman. Sikap santai seorang phlegmatic yang damai kadang membuat koleris yang kuat sering mengeluarkan emosinya. Seperti koleris yang kuat, phlegmatic yang damai juga memiliki kemampuan administrasi yang sangat baik, dalam dunia kerja phlegmatic yang damai akan disukai oleh atasan dan teman kantornya, karena mereka jarang mengeluh apabila diberi suatu pekerjaan dan selalu mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik dan benar.

No comments: