Thursday, April 10, 2008

Selaput Darah

Selaput Dara
Beberapa selaput dara cukup elastis untuk mengizinkan penis masuk tanpa merobek, atau hanya merobek sebagian kecil dari selaput dara. Ini biasanya memang benar jika perobekan pertama terjadi secara bertahap dengan jari tangan atau obyek lainnya selama periode tertentu. Sisa dari selaput dara biasanya masih ada sampai seorang wanita melahirkan bayinya secara normal.

Selaput dara, merupakan bagian dari vulva, organ kelamin luar. Selaput dara terletak di luar vagina. Selaput dara merupakan lapisan tipis dari jaringan yang sebagian menutupi lubang vagina dari beberapa remaja dan wanita. Selaput dara juga sering dikatakan sebagai "cherry" dari seorang gadis atau perawan.

Selama awal masa pertumbuhan janin tidak ada pembukaan sampai ke vagina. Lapisan tipis yang menutupi vagina pada saat ini biasanya akan terbagi secara tidak lengkap sebelum masa kelahiran, yang membentuk selaput dara. Ukuran dan bentuk dari pembukaan atau jenis pembukaan sangat bervariasi. Beberapa gadis tidak memiliki selaput dara saat lahir, akibat dari selaput jaringan yang membagi secara lengkap saat mereka masih berada dalam kandungan.Terkadang pembentukan saat pembukaan bahkan tidak terjadi, menghasilkan imperforated selaput dara. Dokter harus memeriksa vulva dari bayi perempuan segera setelah kelahiran untuk memastikan bahwa selaput daranya tidak tertutup, juga orang tua si anak.(Jika menstruasi tidak dapat mengalir dengan bebas dari badan, maka nyeri hebat dan kram dapat terjadi selama haid, pada awal masa menstruasi dari seorang gadis)

Tak Harus Berdarah

Sebenarnya tidak ada istilah darah perawan. Istilah ini jelas merupakan peninggalan masa lalu, yang mengaitkan darah dengan dengan sesuatu yang agung dan suci.

Ketika melakukan hubungan seksual pertama kali, wanita tidak harus mengeluarkan darah, kalau wanita cukup terangsang dan siap melakukan hubungan seksual tidak akan terjadi perdarahan.

Sebaliknya, kalau wanita tidak terangsang dan mengalami hambatan psikis, dia akan mengalami perdarahan. Kejadian ini sangat jelas pada wanita yang diperkosa. Tidak ada wanita diperkosa yang tidak mengeluarkan darah. Kalau ada wanita yang mengaku diperkosa tetapi tidak mengeluarkan darah, sebenarnya peristiwa perkosaan itu tidak terjadi. Artinya, tidak sampai terjadi hubungan seksual yang dipaksa itu. Namun, dengan sendirinya wanita itu merasa telah diperkosa akibat perlakuan kekerasan yang dialaminya.

Bentuk2 Variasi Selaput dara..


Biasanya yg paling banyak di jumpai tuh yg 4 di atas
  1. Annular – in which the hymen forms a ring around the vaginal opening.
  2. Septate – in which the hymen has one or more bands extending across the opening.
  3. Cribriform – in which the hymen stretches completely across the vaginal opening, but is perforated with several holes.
  4. Parous Introitus – which refers to the vaginal opening which has had a baby pass through it and consequently has nothing left of its hymen but a fleshy irregular outline decorating its perimeter.

2 comments:

Fatmasnow said...

hm. . . .emang bener og kalo selaput dara ga selamanya mesti berdarah. . . . .tp selama qt virgin.knp takt y ga?

Fatmasnow said...

visit my blog http://fatma-snow.blogspot.com